Kamis, 15 September 2011

AIRCRAFT CONSTRUCTION

1.Truss Type
     •Untuk Pesawat Kecil / Kuno
     •Agar Streamline ditambah Wood & Spacer
     •Fabric Sebagai lapisan luar dan di dope agar tahan lama
    Dope : Bahan Kimia yang berfungsi sebagai bahan
                penegang kain , pengawet dan pengedap air.
    •Penahan stress dan beban adalah longeron
    •Tidak digunakan lagi karena makin panjang makin berat.
       a. Pratt truss type
       b. Strutt truss type
       c. Warrant truss type  
 
  2. Geodetic Type
        •Bentuk bracet / keranjang ( anyaman ) yang saling silang
        menyilang di cover dengan sheet metal.
        •Bahan : Wood and Metal
        •Menutup anyaman dengan fabric  dan untuk bahan alumunium mengunakan   alumunium plat.
        •Tidak digunakan lagi karena sulit repair.
  3. Monocoque Type
      a. True / Full Monocoque
            •Empat longeron ( longeron pada bagian2 tertentu )
            •Frame : - Bulkhead
                       - Former
                       - Ring
           Beban yang timbul diterima dan dikirim keseluruh skin
           Corrugated Skin : kulit pesawat dibuat bergelombang agar kua
        b.Semi monocoque
    >Empat longeron ( dari Nose ke Tail )
    >Mudah repair
    >Stringer : Seluruh componen akan menanggung gaya-gaya
                             yang terjadi pada pesawat
    >Frame : Bulkhead , Ring Former , Skin , Longeron
     Beban yang diterima dan diteruskan oleh bulkhead disebar ke structure melalui           longeron dan stringer
         C.Semi monocoque / Re-Inforcement Shell
    -Pembaruan dari semi monocoque
    -Menambah kekuatan dan mengurangi berat
    -Tempat dilaluinya cable.

     Componen- componen semi monocoque
            1.Longeron : mengikat skin dengan fuselage , menghubung
                     antara nose dengan tail , menahan gaya tension
                     compression , bending.
            2.Stringer : mengikat skin dengan frame , menghubungan
                   frame satu dengan frame yang lainya.
            3.Frame :
               a. Bulkhead
                   ditempatkan bagian-bagian penting , menahan beban berat ,
                   Penempatan longeron dan stringer.
               b. Former
                   Membantu Bulkhead Dan Penembatan Stringer
            4.Skin
               Membentuk streamline.
               Yang sering dihadapi : Korosi & Fatique
               Stressed skin construction : Konstruksi yang mengunakan stringer.

3 komentar:

  1. terus berkarya,. sukses slalu,. amin

    BalasHapus
  2. Sangat membantu bagi pembelajar, salah satunya saya sendiri. Trimakasih

    BalasHapus
  3. Sangat membantu bagi pembelajar, salah satunya saya sendiri. Trimakasih

    BalasHapus